Curiosity Temukan Mars Pernah Kehilangan Atmosfer

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Ilustrasi Mars (Foto: Nbcnews)

CALIFORNIA - Ilmuwan National Aeronautics and Space Administration (NASA) melalui observasi penelitian robot rover Curiosity mengungkapkan, Mars pernah kehilangan atmosfer.

Dilansir Nbcnews, Selasa (9/4/2013), pengukuran dari Sample Analysis yang dilakukan Curiosity di instrumen Mars atau SAM, memberikan dukungan segar bagi pandangan bahwa aliran berkecepatan tinggi dari partikel bermuatan listrik dari matahari telah "melepas" atmosfer Mars dari atas.

Mars menjadi lebih rentan terhadap kehilangan atmosfer ketimbang Bumi. Sebab, planet merah tidak memiliki medan magnet global untuk bertindak sebagai perisai terhadap angin matahari.

Terkini, atmosfer Mars hanya satu persen sama padatnya seperti Bumi di permukaan dan sebagian besar terdiri dari karbon dioksida. Atmosfer sangat tipis yang menghangatkan sehingga es bisa berubah langsung menjadi uap air tanpa melewati fase cair terlebih dahulu.

Ilmuwan melihat bukti geologi bahwa air mengalir berlimpah di seluruh bagian Mars miliaran tahun lalu. Hal tersebut menunjukkan bahwa tekanan atmosfer Mars mirip Bumi.

Tim sains Curiosity mengungkapkan hasil temuannya dari SAM pada Senin selama European Geosciences Union's General Assembly di Wina. Petunjuk kunci dari penelitian ini berdasarkan pengukuran tepat dari berbagai isotop argon serta gas yang ada pada atmosfer Mars. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/09/56/788540/curiosity-temukan-mars-pernah-kehilangan-atmosfer

Lihat Juga Halaman Berikut:

0 Responses to "Curiosity Temukan Mars Pernah Kehilangan Atmosfer"

Post a Comment