Co:Lab, Kolaborasi Millennial Lenovo & MTV

Author: Shconer Design // Category:

Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Tujuh negara, enam bulan, satu kolaborasi, dan tak terhingga denyutan yang menghidupkan kota-kota. Itulah angka-angka yang bisa dipakai untuk menggambarkan program baru yang diluncurkan oleh Lenovo dan MTV, yaitu CO:LAB.

Program ini ditujukan bagi kaum millennial atau yang akrab disebut generasi MTV yang progresif, kreatif, sekaligus bertalenta. Mereka adalah kaum muda yang memiliki segudang ide dan gagasan dalam karya kreatif yang diciptakan atas bantuan teknologi.

Secara stimultan, Lenovo-MTV CO:LAB digelar di Indonesia, Jepang, India, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Pesertanya terdiri dari empat kategori, yaitu musikus/vokalis, disc jockey (DJ), sutradara film atau video, dan seniman motion graphic.

Pada putaran awal, para peserta harus menceritakan kembali sisi pandang mereka tentang kotanya masing-masing dengan menggunakan gambar atau suara sepanjang kira-kira satu menit. Persyaratannya, tentu saja karya itu harus diciptakan melalui optimalisasi teknologi.

Kontes ini melibatkan panel mentor lokal, yang akan memandu dan memilih pemenang lokal dari tiap-tiap kategori. Pemenang lokal kemudian akan beradu di tingkat regional, di mana pemenangnya ditentukan oleh voting online di situs resmi Lenovo-MTV CO:LAB ( www.project-colab.com) dan penilaian para mentor.

Top 10 dari masing-masing kategori berhak mendapat Lenovo headset. Dari top 10 masing-masing kategori dipilih 1 pemenang lokal untuk masing-masing kategori yang akan mendapat Lenovo IdeaPad Yoga.

Di tingkat regional ini mentornya adalah kelompok seniman desain kontemporer PHUNK, DJ Brendon Perera, dan DJ Matty Wainwright dari The DJ Dispensary.

Sebanyak empat pemenang regional ini akan berkolaborasi untuk menciptakan sebuah video musik original di MTV dengan tema 'Pulse of the World'. Mereka juga akan mendapatkan masing-masing satu unit Lenovo IdeaPad Yoga, berpartisipasi dalam workshop lima hari di Singapura, dan uang tunai USD 10 ribu untuk masing-masing kategori.

Lenovo menyatakan bahwa CO:LAB adalah upaya Lenovo untuk membantu konsumennya, yang kebanyakan anak muda, untuk mewujudkan idenya jadi kenyataan. Lenovo menyediakan platform, sumberdaya, serta mentor, untuk menghasilkan proyek nyata dengan outcome yang positif.

Kompetisi ini bertujuan menginspirasi dan mendorong generasi millennial atau kerap juga disebut generasi MTV, yang pada akhirnya juga menginspirasi siapapun untuk berkolaborasi lintas batas demi mewujudkan impiannya masing-masing.

Mengapa MTV? Jaringan televisi ini sudah lama menjadi brand-nya anak muda dalam hal musik dan hiburan. Kolaborasi MTV dan teknologi dari Lenovo menargetkan anak-anak muda kreatif, ambisius, dan optimistis, yang tak hanya memimpikan sebuah pencapaian, tapi juga bertindak. Musik dan teknologi adalah dua hal yang tak bisa terpisahkan lagi.

Peserta Indonesia akan dipandu oleh dua mentor muda yaitu Agustina Renny Erlina Fernandez dan Edward Fernandez. Renny akan menjadi mentor bagi peserta bidang visual, seperti film, video klip, maupun motion graphic. Sedangkan Edward yang lebih dikenal dengan nama Andezzz akan jadi mentor bagi para peserta di bidang audio.

Renny, yang sudah mencintai musik sejak kecil, adalah seorang produser dan clipmaker yang sudah memproduksi sejumlah video klip band maupun artis ternama di negeri ini. Salah satu yang dibanggakannya adalah video musik grup band Sheila on Seven 'Yang Terlewatkan', karena dia mengaku adalah penggemar band asal Yogyakarta itu.

Sementara Andezzz adalah sosok musisi muda yang sudah malang melintang di industri selama 10 tahun terakhir. Pernah menuntut ilmu musik di Malaysia dan Amerika Serikat, Andezzz pulang ke Indonesia untuk menjadi satu ikon di dunia DJ.

Tak hanya piawai dalam meracik musik yang disebutnya crossover atau perpaduan antara elektronik dan jazz, Andezzz juga menulis lirik dan jadi music scorer di film.

Renny mengatakan, CO:LAB membuka peluang kita untuk mencari dan mendapatkan bibit-bibit baru di dunia kreatif. "Which is dunia kreatif itu kan enggak pernah mati, selalu dibutuhkan orang-orang kreatif untuk ada di industri maupun untuk investasi negara ini sendiri," ujarnya.

Sementara Andezzz mengatakan CO:LAB akan mendorong antusiasme dan memotivasi insan kreatif di bidang musik, film, dan grafis untuk menciptakan karya-karya yang tak lepas dari pakem.

Selain itu, mereka pun akan murni dinilai hasil karyanya, bukan penampilan fisiknya. "Peluang mereka didengar semakin besar, karena selama ini mungkin mereka terbatas, kalau mau didengar demonya harus berwajah tampan, cantik, harus bersuara indah," katanya.

Bila ingin berpartisipasi dalam kompetisi atau ingin melihat hasil karya para peserta dan memberikan vote, atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan berkunjung ke www.project-colab.com atau menyambangi detikFORUM yang juga membuat program khusus untuk kontes ini.

Penulis: Fransisca Maya, Marketing Communications Manager PT Lenovo Indonesia.


( ash / ash )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!
Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/09/144058/2215525/398/colab-kolaborasi-millennial-lenovo-mtv

Lihat Juga Halaman Berikut:

0 Responses to "Co:Lab, Kolaborasi Millennial Lenovo & MTV"

Post a Comment