Cetakan Printer 3D Bisa Dipasang ke Tubuh Manusia

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: Watoday)

LONDON - Ilmuwan Inggris menggunakan teknologi mesin cetak (printer) 3D untuk membuat material mirip jaringan tubuh manusia asli. Cetakan 3D ini diyakini akan digunakan lebih luas lagi, khususnya untuk bidang medis.

Dilansir Watoday, Jumat (5/4/2013), seperti yang dilakukan tim ilmuwan dari Chemistry Department Oxford University, mereka mengembangkan material yang terbuat dari ribuan tetesan air yang terhubung. Kemudian, material tersebut dikemas dalam bahan film lipid (lemak) yang dapat melakukan beberapa fungsi sel manusia.

Jaringan tetesan air ini bisa membangun sebuah teknologi baru yang digunakan untuk mengganti jaringan tubuh yang rusak. Ilmuwan melaporkan temuan mereka pada jurnal Science Amerika Serikat.

Karena disebut jaringan tetesan yang sepenuhnya sintetis, material ini tidak memiliki gen dan tidak mungkin dapat mereplika diri. Ini akan berbeda dengan teknik lainnya, misalnya metode jaringan artificial (tiruan) yang menggunakan sel induk.

"Kami tidak mencoba untuk membuat material yang menyerupai jaringan 'setia' (mirip aslinya). Namun, kami membuat struktur yang dapat melaksanakan fungsi jaringan," ujar ilmuwan Hagan Bayley.

Setiap tetesan dari material buatan tersebut berukuran sekira 50 microns dalam diameter (0,05 milimeter). Material tersebut sekira lima kali lipat ukuran sel hidup yang sesungguhnya. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/05/56/786720/cetakan-printer-3d-bisa-dipasang-ke-tubuh-manusia

0 Responses to "Cetakan Printer 3D Bisa Dipasang ke Tubuh Manusia"

Post a Comment