AS Anggarkan USD100 Juta untuk Pindahkan Asteroid

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Foto: NASA

CALIFORNIA - Badan Antarika Amerika Serikat (NASA) memperoleh anggaran awal untuk memindahkan orbit asteroid ke sekitar Bulan. Pemerintah Negeri Paman Sam setidaknya menganggarkan biaya USD100 juta pada 2014 untuk proyek tersebut. 

Menurut Christian Science Monitor, Presiden Barack Obama mengatur anggaran USD100 juta pada 2014. Akan tetapi, menurut Space.com Mike Wall, total biaya yang diperlukan untuk memindahkan asteroid mencapai USD2,6 miliar atau 26 kali dari USD100 juta yang dianggarkan. Demikian dilansir dari The Next Web, Senin (8/4/2013). 

Sementara itu, proyek ini nampaknya akan sulit dilakukan. Kepala NASA Near Earth Object  Donald Yeomans, yang memiliki program untuk memantau asteroid terdekat dengan Bumi mengatakan, terdapat ribuan asteroid, dan mencari salah satu asteroid yang bakal menabrak Bumi dinilai tak seperti membalikkan telapak tangan. 

Rencana itu tersingkap melalui Senator Bill Nelson yang mengungkapkan bahwa NASA berencana menangkap asteroid kecil dan menempatkannya di dekat bulan.

NASA menggunakan kapal robot yang dapat meringkus asteroid berbobot 500 ton pada 2019.  Kemudian, kapsul ruang angkasa Orion -- saat ini sedang dikembangkan -- akan memindahkan orbit asteroid hasil ringkusan pada 2021 dengan empat astronot yang akan melakukan eksplorasi. 

Senator Bill Nelson mengatakan, hal ini bisa membantu Badan Antariksa AS untuk memindahkan asteroid yang berbahaya apabila salah satu dari ribuan asteroid menuju bumi.  

"Ini merupakan konsep cerdas," kata Nelson.  (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/07/56/787685/as-anggarkan-usd100-juta-untuk-pindahkan-asteroid

0 Responses to "AS Anggarkan USD100 Juta untuk Pindahkan Asteroid"

Post a Comment