Wah! Bermodal Buku Manual, Bocah Ini Sukses Bobol ATM

Author: Shconer Design // Category:
Jakarta - Meretas Automated Teller Machine (ATM) sebenarnya bukanlah hal baru. Banyak trik yang dilakukan oleh sejumlah peretas untuk membuat ATM mengeluarkan uang secara cuma-cuma.

Namun ada satu cara paling sederhana yang sepertinya belum pernah dilakukan, yaitu menggunakan buku manual ATM.

Hal itulah yang dilakukan oleh Caleb Turon dan Matthew Hewlett, dua anak berusia 14 tahun. Mereka mengunduh petunjuk penggunaan ATM dan berhasil meretas sebuah ATM milik Bank of Montreal.

Seperti yang dikutip dari Winnepeg Sun, Selasa (10/6/20140, dua bocah itu tak sengaja menemukan petunjuk penggunaan ATM di internet, dan secara iseng mempraktekkannya di mesin ATM. Ternyata trik yang mereka lakukan berhasil membuat ATM itu masuk ke mode operator.

Sebenarnya untuk masuk ke dalam mode tersebut dibutuhkan sebuah password, bagaimana mereka bisa tahu kode password tersebut?

Ternyata mereka mencoba menebak sejumlah password default dari ATM itu, dan berhasil. Setelah itu, kedua bocah itu berusaha memperingatkan pihak bank mengenai permasalahan keamanan itu, namun pihak Bank of Montreal tidak mempercayainya.

Untuk membuktikan hal tersebut, mereka mengubah biaya penggunaan ATM menjadi 1 sen, dan mengganti tulisan di ATM dari sebelumnya tertulis "Welcome to the BMO ATM" menjadi "Go away. This ATM has been hacked". Setelah itu barulah pihak bank mempercayai kedua bocah itu.

Pihak Bank of Montreal mengatakan bahwa data-data rekening ataupun nasabah tetap aman pasca peretasan itu.

Sementara Caleb dan Matthew tak mendapat sanksi apapun dari pihak bank. Namun akibat urusan peretasan tersebut, mereka jadi terlambat untuk masuk sekolah.

Untungnya pihak Bank of Montreal mau membantu memberikan surat keterangan, yang menjelaskan alasan keterlambatan Caleb dan Matthew. (ash/ash)


Sumber : detik.feedsportal.com

0 Responses to "Wah! Bermodal Buku Manual, Bocah Ini Sukses Bobol ATM"

Post a Comment