Jaringan XL-Axis 'Dikawinkan', Apa Imbas ke Pelanggan?

Author: Shconer Design // Category:
Jakarta - Proses penyatuan jaringan yang dimiliki XL Axiata dan Axis terus digeber. Proses ini ditargetkan bakal rampung pada akhir tahun 2014. Lantas, apa imbas yang bakal dirasakan para pelanggan XL dan Axis?

Ongki Kurniawan, Chief Service Management Officer XL Axiata menjelaskan proses 'perkawinan' sistem antara XL-Axis mencakup beberapa hal. Mulai dari billing system, migrasi trafik, sampai integrasi jaringan.

Sampai saat ini, proses yang sudah rampung baru sebatas migrasi billing system. Ini artinya, billing system pelanggan Axis kini telah pindah seluruhnya ke billing system milik XL.

"Jadi semua (pelanggan XL dan Axis) bergabung dalam satu billing system. Sedangkan billing system yang sebelumnya dipakai Axis bisa kita dimatikan. Kita bisa menghemat biaya di situ, tadinya dua perusahaan ada dua billing system tapi sekarang cukup satu billing system," tutur Ongki saat ditemui dalam drive test XL ke Jogjakarta.

Selanjutnya adalah migrasi trafik. Dimana sebelumnya trafik pelanggan Axis sebelumnya di-handle pada BTS Axis sendiri. Namun dengan adanya migrasi trafik ini, maka nantinya trafik pelanggan Axis akan dilimpahkan ke BTS milik XL.

Proses migrasi trafik ini belum rampung seluruhnya, baru sampai 60%. Target XL, bulan Oktober 2014 mendatang migrasi trafik ini akan selesai dilakukan.

Hanya saja, XL juga harus hati-hati saat melakukan migrasi trafik. Sebab harus tetap memonitor kapasitas di BTS-nya. Jangan sampai kapasitas di BTS XL tidak cukup untuk meng-handle dua trafik -- dari XL dan Axis. Jika begini bisa-bisa pelanggan dari dua brand tersebut malah bakal terganggu kenyamanannya.Next

Halaman 1 2
(ash/fyk)


Sumber : detik.feedsportal.com

0 Responses to "Jaringan XL-Axis 'Dikawinkan', Apa Imbas ke Pelanggan?"

Post a Comment