Indosat, Axis, & Tri Harus Pindahan 3G September

Author: Shconer Design // Category:

BTS 3G (isat)
Jakarta - Indosat, Axis Telekomunikasi Indonesia, dan Hutchison CP Telecom (Tri) hanya diberikan waktu enam bulan untuk menggeser blok 3G yang ditempatinya di frekuensi 2,1 GHz agar segera bisa ditempati secara berurutan (contiguous) oleh Telkomsel dan XL Axiata.

Ketiga operator seluler itu terkena imbas penataan 3G usai Telkomsel dan XL diputuskan menjadi pemenang tambahan masing-masing satu blok. Indosat harus menggeser satu blok yang ditempatinya di blok 8 agar bisa ditempati XL secara berurutan di blok 8-9-10.

Sementara Tri juga harus segera mengosongkan satu blok yang ditempatinya di blok 6 agar bisa ditempati Indosat yang kena gusuran XL. Indosat akan menempati blok 6 dan 7 dan Tri akan pindah ke blok 1 setelah Axis kelar pindahan. Tri sebelumnya telah menempati satu blok di blok 2.

Dari ketiga operator yang harus geser-geser itu, bisa dibilang Axis yang bernasib paling sial. Jika Indosat dan Tri hanya perlu menggeser satu blok, namun Axis harus memindahkan seluruh blok yang dimilikinya.



Axis harus segera bergeser dari blok 2 dan 3 pindah ke blok 11 dan 12 yang terbilang 'kotor' karena interferensi dari sinyal milik Smart Telecom dengan teknologi CDMA sangat tinggi.

Setelah ditinggalkan Axis, maka blok 3 yang akan kosong nantinya akan ditempati Telkomsel yang tanpa perlu repot-repot pindahan tetap bisa mengurutkan bloknya secara contiguous menjadi 3-4-5.



Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S Dewa Broto saat berbincang dengan detikINET mengatakan bahwa geser-geser penataan blok 3G ini harus sudah rampung dalam waktu enam bulan dari sekarang atau sekitar September.

"Tim teknis akan memulai rapat. Jika Keputusan Menteri terkait hasil penataan ulang ini keluar April, itu artinya pada September 2013 implementasi penataan ulang harus sudah selesai dieksekusi," jelasnya.

Dasar hukum penataan ini mengacu pada Peraturan Menteri Kominfo No. 31/2012 dimana seluruh biaya dan resiko yang timbul akibat dari penataan kembali secara menyeluruh ditanggung oleh masing-masing operator.

"Memang, kebijakan ini tidak bisa memuaskan semua pihak. Tapi semua operator yang hadir saat kami mengumumkan rencana penataan ini sudah setuju. Jadi tidak ada alasan untuk menolaknya sekarang," pungkas Gatot.



( rou / ash )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!
Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/01/122954/2208200/328/indosat-axis-tri-harus-pindahan-3g-september

0 Responses to "Indosat, Axis, & Tri Harus Pindahan 3G September"

Post a Comment