15 Fakta Menarik Mozilla di Ultah ke-15

Author: Shconer Design // Category:

Ilustrasi (Mozilla Indonesia Community)
Jakarta - Pengguna internet pasti sudah tidak asing dengan Forefox. Ya, ini adalah browser populer yang berlogo rubah api.

Sering kali nama Firefox jauh lebih terkenal dibandingkan Mozilla. Padahal Mozilla adalah pihak di balik keberadaan browser Firefox.

Berikut 15 fakta menarik tentang Mozilla seperti yang dituturkan oleh Mozilla Indonesia Community dalam keterangan tertulisnya:

1. Proyek Mozilla diluncurkan di Netscape pada 31 Maret 1998, untuk menawarkan pilihan kepada pengguna dan memacu inovasi dunia web.

2. Bangga sebagai nirlaba, Mozilla membuat produk seperti Firefox, dengan sebuah misi untuk menjaga kekuatan web tetap berada di tangan penggunanya, di mana saja.

3. Lebih dari 10.000 kontributor menyatakan dukungan mereka terhadap misi Mozilla dengan membayar iklan sehalaman penuh di koran The New York Times pada hari peluncuran Firefox 1.0 di tahun 2004.

4. Saat ini, kontributor Mozilla ada di setiap benua, termasuk Antartika, di mana Firefox digunakan oleh lebih dari 80% pengguna internetnya.

5. Browser Firefox diklaim membuat user dapat mengubah sesuai dan mengambil kendali atas pengalaman webnya. Lebih dari 3 miliar browser si rubah api telah diunduh pengguna sejauh ini.

6. Mozilla mengklaim memimpin di bidang privasi browser. Hal ini ditegaskan dengan keberadaan fitur 'Jangan Lacak' alias Do Not Track dan Collusion yang memberikan pengguna kendali lebih besar atas data pribadi mereka.

7. Komunitas global Mozilla telah menerjemahkan Firefox ke 89 bahasa dan tersedia untuk lebih dari 95% populasi dunia.

8. Di tahun 2008, 8.002.530 orang memilih Firefox dalam satu hari untuk meraih rekor Guinness World sebagai 'The Most Downloads of a Software Application in 24 Hours' atau 'Aplikasi Perangkat Lunak Terbanyak Diunduh dalam 24 Jam'.

9. Mozilla Festival merupakan acara tahunan terbesarnya, dimana mempertemukan ratusan kontributor untuk merealisasikan kekuatan penuh dan potensi dunia web.

10. Mozilla Webmaker mengku ingin bekerja untuk menciptakan dunia agar lebih cerdas di dunia web, menyediakan alat dan proyek untuk membantu masyarakat agar dapat mengambil kendali yang lebih besar atas kehidupan dunia maya mereka.

11. Program Mozilla WebFWD membantu inovator dan usahawan sumber terbuka untuk menciptakan produk dan solusi yang memberdayakan pengguna dalam rangka memajukan web lebih jauh ke depan.

12. Mozilla Developer Network merupakan sumber daya Web berbasis komunitas yang menyediakan dokumentasi, tutorial, dan peralatan terbaik bagi lebih dari 2 juta pengunjung tiap bulannya.

13. Mozilla bekerja untuk memelihara dan menjaga web sebagai sumber daya bersama agar bermanfaat bagi setiap orang.

14. Di tahun 2013, Mozilla meluncurkan Firefox OS untuk merealisasikan kedigdayaan web di ponsel cerdas.

15. Hasil karya Mozilla dapat terwujud karena puluhan ribu donor dan sukarelawan -- termasuk orang seperti Anda yang percaya bahwa web seharusnya tetap terbuka dan dapat diakses oleh semua.

( ash / ash )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!
Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/03/31/135232/2207606/398/15-fakta-menarik-mozilla-di-ultah-ke-15

0 Responses to "15 Fakta Menarik Mozilla di Ultah ke-15"

Post a Comment