Giliran Windows 8 Dituding Memata-matai China

Author: Shconer Design // Category:
Jakarta - China adalah negara yang dikenal dengan sistem sensor internet dan teknologi yang sangat ketat. Sebisa mungkin, Negeri Tirai Bambu ini akan membatasi cakupan layanan dan bisnis teknologi asing.

Tak heran, China pun kemudian menciptakan versi lokal dari layanan internet dan sosial media populer seperti Youku, Weibo, Alibaba dan lain-lain. Kini, China membidik Windows 8 sebagai sasaran baru mereka.

Seperti dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (7/6/2014), China mengumumkan akan melarang instalasi Windows 8 pada komputer yang digunakan di pemerintahan. Alasannya, tentu saja demi keamanan.

Diklaim China, instalasi Windows 8 akan berisiko mengancam keamanan nasional. Sebelumnya, mereka juga pernah menyatakan bahwa upgrade OS milik Microsoft tersebut terlalu mahal.

Isu keamanan berupaya diperkuat dengan pendapat sejumlah akademisi dan ahli setempat. Menurut salah satu akademisi Ni Guangnam, dia yakin bahwa Windows 8 digunakan sebagai cara Amerika Serikat (AS) memonitor aktivitas China.

"Identitas Anda, akun, buku kontak, nomor ponsel, semua informasi ini dapat dikumpulkan menjadi analisa data yang besar," ujarnya.

"AS punya hukum yang mengharuskan setiap orang punya data-data ini untuk dilaporkan ke pemerintah. Data ini mungkin adalah cara yang bagus bagi AS memonitor negara lain," sebutnya lagi.Next

Halaman 1 2
(rns/ash)


Sumber : detik.feedsportal.com

Lihat Juga Halaman Berikut:

    0 Responses to "Giliran Windows 8 Dituding Memata-matai China"

    Post a Comment