Intel Sematkan Grafis 'Iris' pada Haswell

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: Slashgear)

CALIFORNIA - Raksasa prosesor Intel Corp akan menyematkan teknologi grafis bernama Iris pada prosesor Core generasi keempatnya. Prosesor Intel Core generasi terbaru ini dikenal dengan mikro arsitektur Haswell, yang kabarnya diluncurkan pada awal Juni tahun ini.

Dilansir Eetimes, Senin (6/5/2013), menurut Dan Snyder dari bagian pemasaran Intel, grafis Iris menawarkan dua sampai tiga kali lipat performa rendering 3D lebih kencang. Kinerja Iris diklaim lebih mumpuni ketimbang grafis HD tercepat untuk perangkat mobile dari Intel.

Haswell dibuat dengan mengusung teknologi proses manufaktur 22nm CMOS FinFET. Sama seperti pendahulunya Ivy Bridge dengan manufaktur 22nm, namun peningkatan performa diklaim lebih kencang pada Haswell.

Performa lebih perkasa ini terlihat pada memori bandwidth serta frekuensi clock. Belum diketahui apakah grafis Iris ini bisa mengungguli seri graphics processing unit (GPU) HD4000 dan HD5000.

Perusahaan asal California ini memiliki tiga varian prosesor Core generasi keempatnya. Kabarnya, prosesor anyar yang diluncurkan 3 Juni ini akan didesain untuk komputer notebook (seri U), notebook yang lebih kuat (seri H), serta komputer desktop (seri R).

Kabarnya, prosesor tersebut akan dilengkapi dengan grafis Iris dan Iris-Pro. Iris-Pro tampaknya lebih kuat, di mana teknologi grafis tersebut tertanam untuk seri H dan seri R.

Grafis Iris mendukung peningkatan resolusi seperti resolusi display 4K (3840 x 2160 pixel). Selain itu, kekuatan grafis tersebut mendukung OpenCL, DX11.1, OpenGL4.1 dan program aplikasi DX.

Konon, usai generasi Haswell, Intel akan "menyusutkan" arsitektur ke proses manufaktur 14nm FinFET. Seri chip terbaru yang menggunakan proses manufaktur 14nm ini dinamakan Broadwell. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/05/06/324/803098/intel-sematkan-grafis-iris-pada-haswell

0 Responses to "Intel Sematkan Grafis 'Iris' pada Haswell"

Post a Comment