Pengalaman dengan Mobile Photography

Author: Shconer Design // Category:
Jakarta - Tanggal 29 April kemarin, saya diundang untuk menjadi narasumber acara Ngopi bareng detikINET. Format acaranya talkshow yang ringan dan santai. Saya tidak akan bercerita tentang acara tersebut di sini, tapi pengalaman saya tentang mobile photography yang menjadi topik acara tersebut.

Terus terang saya jarang dan hampir tidak pernah mengunakan ponsel untuk memotret, saya lebih sering mengunakan kamera digital saku atau kamera DSLR, tapi karena topiknya mobile photography, mau gak mau harus mempraktikkan dong, kalau gak ya, apa yang mau di-share di acaranya? he he he.

Lantas, saya pakai Sony Experia Z1, salah satu ponsel yang punya kualitas kamera tingkat atas, bersaing dengan iPhone 5 dan Nokia Lumia. Z1 memiliki image sensor seperti kamera saku dan memang mampu menghasilkan kualitas gambar yang cukup baik, setara dengan kamera digital saku yang dijual dengan harga Rp 2-3 jutaan.

Selain mode Auto, juga tersedia mode manual yang mana penggunanya dapat mengubah setting kompensasi exposure/terang gelap dari +2 sampai -2, WB dan ISO. Meski tidak banyak, tapi mode ini memungkinkan pengguna untuk mengatur kualitas hasil foto yang ingin didapatkan.

Meski kualitas kamera ponsel sudah makin baik, untuk bisa mendapatkan foto yang menarik tentunya perlu bisa 'melihat cahaya', mengatur exposure kamera, dan memahami teknik dasar komposisi.

Secara umum, pengalaman saya memotret ponsel ada plus dan minusnya. Saya pribadi lebih suka kamera tradisional lengkap dengan tombol dan tuas daripada mengganti setting dan fokus lewat layar.

Saya juga kehilangan jendela bidik yang sangat membantu saat cahaya matahari bersinar dengan teriknya. Tapi saya juga menyukai kamera ponsel yang ukurannya relatif kecil, kualitas gambarnya sudah cukup baik dan relatif simple.
 
Inilah beberapa kelebihan mobile photography:Next

Halaman 1 2
(ash/ash)


Sumber : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656095/s/39ec65a5/l/0Linet0Bdetik0N0Cread0C20A140C0A40C30A0C20A15560C2570A4810C11690Cpengalaman0Edengan0Emobile0Ephotography/story01.htm

Lihat Juga Halaman Berikut:

    0 Responses to "Pengalaman dengan Mobile Photography"

    Post a Comment