Tips Mendapatkan Backlink | Blog Commenting | Do Follow

Author: Shconer Design // Category: , , ,

Setiap blogger pasti ingin mendapatkan backlinks yang berkualitas dalam menerapkan strategi SEO-nya. Nakh, salah satu yang paling mudah adalah dengan melakukan blog commenting pada saat kita blogwalking ke beberapa situs. Jika dilakukan dengan efektif, blog commenting dapat meningkatkan pagerank kita atau meningkatkan peringkat di search engine lho.

Lantas apa saja sich yang perlu diperhatikan saat melakukan Blog commenting? Agar dapat memberikan backlinks yang berkualitas bagi blog kita.

Yang saya perhatikan saat blog commenting adalah sebagai berikut :

1. Memberikan Komentar di Blog yang doFollow
Mengapa harus dofollow blog? Karena dengan memberikan komentar di blog yang dofollow, maka link yang kita tinggalkan mendapatkan kredit tersendiri dari mbah Google dan itu dinilai sebagai backlink untuk blog kita. Lalu bagaimana caranya mengetahui blog yang menganut paham dofollow? Bisa langsung mencarinya di dofollow blog directory www.dofollowblogs.com atau dengan memakai dofollow blog search engine, antara lain :

Untuk empat dofollow blog search engine di atas, sistem pencariannya terintegrasi dengan google. Jadi saat melakukan search (dengan browser yang firefox yang sudah terinstall add-ons yang diperlukan, SeoQuake misalnya), anda dapat langsung melihat statistik dari dofollow blog hasil pencarian.

2. Memberikan komentar di blog yang memiliki trafik bagus
Bagaimana menge-cek seberapa ramai sebuah blog? Salah satu parameter yang saya jadikan acuan adalah ranking alexa. Anda dapat menggunakan add ons plugin Search Status yang disediakan oleh firefox. Untuk gimana dapetin dan cara memakainya, cari sendiri aja ya..

3. Memberikan komentar di blog yang menampilkan Top komentator
Anda pasti pernah atau bahkan sering khan menemukan blog yang menampilkan daftar Top Komentator di sidebar blog tsb? Untuk strategi nomor 3 ini, kita bisa mengabaikan point nomor 1. Kenapa? Inilah yang saya suka… Walaupun blog tersebut adalah noFollow tapi link yang ada di dalam top komentator tetaplah doFollow. Asyik khan?

4. Memberikan komentar di blog yang memiliki CommentLuv
Memang kenapa dengan ada commentLuv? Karena disini kita memiliki 2 keuntungan, yaitu satu backlink dari url yang ditanam pada author name dan satu lagi backlink yang diberikan commentluv untuk postingan terbaru yang letaknya di bawah comment kita. Untuk mendukung point nomor 4 ini, saya memakai tool ciamik inlineseo (www.inlineseo.com/dofollowdiver). Tools ini tidak terintegrasi dengan Google, sehingga kita tidak tahu secara langsung statistik blog hasil pencarian. Tetapi saya menyukai tool ini karena selain dapat mencari blog yang doFollow, tool ini juga sekaligus menemukan blog yang menggunakan CommentLuv dan Top Commentator. Ya, three in one gitu dech… Menampilkan doFollow blog yang menggunakan CommentLuv dan Top Commentator. Asyik ‘kan?

5. Memberikan komentar yang berkualitas
Kalau buat saya komentar berkualitas tidak harus panjang, yang penting nyambung dengan postingan. Cara paling mudah adalah dengan menyatakan setuju dengan apa yang dibahas, kemudian ulas sedikit di komentar anda. Atau bisa juga nyambung dengan percakapan yang sedang terjadi. Cara ini paling mudah dilakukan dengan me-reply komentar author lain. Ini lebih mudah soalnya tidak perlu memahami postingan yang cukup panjang, cukup membaca apa yang dia lontarkan, dan kita membalasnya sedikit.


1 Response to "Tips Mendapatkan Backlink | Blog Commenting | Do Follow"

Post a Comment