Lebaran Haji | 450 Jemaah Tertipu Janji Haji Gratis

Author: Shconer Design // Category: , ,
TERGIUR dengan iming-iming beribadah haji secara gratis, 450 orang menjadi korban penipuan. Salah satunya Yoyoh Rohmah, warga Jalan Mangga Besar IX Gang II RT 04/01 Tangki, Jakarta Barat.

Wanita berusia 52 tahun ini menjadi korban penipuan bersama ratusan orang lainnya yang tersebar di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bogor. Menurut Yoyoh, pada Januari 2011, dia bersama puluhan orang lainnya ditawari program naik haji gratis oleh Suprapti.

Suprapti, lanjutnya, saat itu menyebutkan, Yoyoh dan puluhan orang lainnya hanya cukup membayar uang pendaftaran saja sebesar Rp 100 ribu. "Saya sempat curiga saat itu," ujar Yoyoh, Senin (7/11).

Penawaran itu dilakukan dari mulut ke mulut. Di tengah keraguan, Yoyoh meminta kepada Suprapti agar meluluskannya untuk ibadah umroh saja. "Saya tidak percaya ada orang yang bisa memberangkatkan haji gratis sebanyak 450 orang. Makanya saya minta umroh saja karena murah dan bisa kapan saja," bebernya.

Sementara jamaah lainnya, tambahnya, ada juga yang tetap meminta untuk naik haji. Sebelum menunaikan ibadah haji, para korban, kata Yoyoh, selalu mengadakan pertemuan setiap pekannya. Dari pertemuan itu, setiap jamaah selalu diminta untuk mengeluarkan sejumlah uang.

"Rata-rata kami mengeluarkan Rp 20 sampai Rp 100 ribu setiap pertemuan," ujar Yoyoh.

Setelah lama menunggu dan banyak mengeluarkan uang, Yoyoh pun langsung menaruh curiga saat melihat yang lainnya sudah berumroh namun tidak dengannya. Ia pun langsung memutuskan untuk keluar dari perkumpulan itu. "Total uang yang saya keluarkan itu Rp 2 juta," tandasnya.

Menurut Yoyoh, pelaku yang diduga Suprapti sebelumnya pernah ditangkap oleh Kepolisian Sektor Taman Sari. Namun ia dibebaskan kembali karena tidak ada cukup bukti. Dan Rabu (2/11), Suprapti kembali ditangkap oleh polisi di kawasan Bojong, Bogor. "Saya ikut melaporkan agar orang lain tidak tertipu juga," tandas Yoyoh. (yay)

0 Responses to "Lebaran Haji | 450 Jemaah Tertipu Janji Haji Gratis"

Post a Comment