Peringkat Universitas di Indonesia | Webometrics

Author: Shconer Design // Category: , , ,
Kampus Terbaik di Jakarta versi Webometric yang dirilis Juli 2011. The “Webometrics Ranking of World Universities” adalah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik CSIC (Consejo Superior de Investigaciones Científicas) , sebuah lembaga riset publik terbesar di Spanyol.

Webometrics melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20.000 perguruan tinggi di dunia. Tercatat, hanya 149 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk pemeringkatan oleh lembaga yang berbasis di Spanyol ini, atau ada penambahan 6 perguruan tinggi dibanding edisi Januari 2011.

Urutan Rangking adalah:



Pemeringkatan Webometrics didasarkan pada empat parameter yaitu Visibility, Size, Rich Files, dan Scholar. Visibility diukur dengan jumlah tautan (link) eksternal yang unik yang menuju ke website perguruan tinggi yang bersangkutan. Jumlah tautan tersebut diukur dengan Yahoo Site Explorer. Sementara Size adalah jumlah webpage pada sebuah website perguruan tinggi yang terindeks oleh Google, Yahoo Site Explorer, dan Bing. Selanjutnya Rich Files merupakan jumlah file yang ada di website perguruan tinggi dengan format dokumennya mencakup word, PPT, PDF, dan postscript. Sedangkan, Scholar merupakan jumlah artikel yang terindeks di Google Scholar.

Dengan begitu ranking ini menggambarkan popularitas situs perguruan tinggi di dunia internet, yang sangat ditentukan tingkat kekayaan produk akademik dari perguruan tinggi terkait.


Sumber : http://indoscholarship.com

0 Responses to "Peringkat Universitas di Indonesia | Webometrics"

Post a Comment