Temuan unik foto udara puncak merapi

Author: Shconer Design // Category: , ,

Merapi memang fenomenal. Gunung ini terhitung sangat aktif dalam urusan meletus hehe. Info berikut ini adalah seputar gunung merapi juga. Seperti apa infonya, simak informasi berikut ini dari SituSaja

Foto terbaru kawah Merapi dari udara (Juna Sanbawa (Yogyakarta)) 

Menggunakan pesawat tanpa awak berbahan styrofoam, tim Universitas Gadjah Mada dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memotret puncak Gunung Merapi yang pada 26 Oktober 2010 meletus dahsyat dan merenggut lebih dari 200 jiwa, termasuk juru kuncinya, Mbah Maridjan.
Dari 900 foto yang didapat, yang belum semuanya dicetak, telah didapatkan sedikit gambaran dan perbandingan kondisi kawah Merapi sebelum dan setelah erupsi 2010 lalu. 
Peneliti Elektronika dan Instrumentasi FMIPA UGM, Drs. Tri Kuntoro Priyambodo, M.Sc mengatakan, dari hasil pemotretan dapat dilihat secara kasat mata bahwa kubah Merapi, “mulut’ dari kawah Merapi paskaerupsi 2010 menghadap ke tenggara. Padahal, sebelumnya Merapi memuntahkan materialnya ke arah barat laut. 
"Sayangnya sebelum erupsi tahun 2010 belum ada pemotretan kondisi puncak Merapi dengan pesawat tanpa awak sehingga hanya bisa membandingkannya dengan foto satelit, yang kondisi puncak gunung terkadang tertutup oleh awan," kata dia kepada VIVAnews.com, Senin 30 April 2012. 
Melalui foto udara, juga bisa dilihat perbedaan kawah Merapi sebelum erupsi dan paska erupsi tahun 2010. Salah satunya diameter. Saat ini diperkirakan mencapai 600 meter. Sedangkan sebelum erupsi, berdasarkan foto satelit, tidak seluas itu. 
"Dua indikator yaitu diameter kawah yang berubah dan arah muntahan material yang sangat berbeda menunjukkan kondisi puncak Merapi khususnya di kawahnya sudah sangat berbeda," kata dia.
Tri mengakui, 900 foto yang dihasilkan dalam misi pesawat tanpa awak belum semuanya sempat dicetak. Juga, belum semuanya dibandingkan dengan foto satelit sebelum erupsi tahun 2010.
"Rencananya minggu depan kami akan mengundang berbagai pihak yang terkait dengan kegunungapian seperti BPPTK Yogyakarta untuk membahas hasil temuan dari pesawat tanpa awak tersebut," tambah dia. 
Untuk saat ini, Tri menambahkan, pihaknya belum bisa memberikan keterangan secara detail tentang kondisi terakhir Merapi karena harus melibatkan berbagai pihak. "Namun setidaknya alat ini mampu untuk membantu para peneliti dan pihak-pihak terkait dengan kondisi terkahir Merapi yang saat ini dalam status normal," pungkasnya. (sj)

Itulah info seputar puncak merapi tersebut.

0 Responses to "Temuan unik foto udara puncak merapi"

Post a Comment