Cara Mudah Menerbitkan BUKU | Sukses

Author: Shconer Design // Category: ,

bukuInilah syarat yang harus Anda perhatikan agar naskah Anda diterima oleh penerbit.

Anda mempunyai bakat menulis, dan ingin tulisan Anda dibuat sebuah buku secara profesional oleh sebuah penerbit ? Ada baiknya mempertimbangkan hal-hal berikut:.

1. Naskah siap terbit

Syarat utama adalah naskah Anda memang harus benar-benar siap terbit. Naskah tersebut sudah lengkap dan layak terbit serta dikemas dengan rapi. Penerbit sudah menerima naskah yang sudah matang., tidak perlu mengolah lagi naskah yang masih setengah matang.

2. Kapasitas penulis

Biasanya sebuah penerbit memperhatikan kredibilitas penulis, semakin tinggi kredibilitas pengarang, makin besar potensi untuk diterbitkan. Penerbit juga akan melihat latar belakang pengarang. Apakah cukup kompeten untuk menulis naskah yang akan diterbitkan? Apakah kapasitasnya sudah mencukupi? Misalnya, jika Anda seorang pendidik, sebaiknya tidak menulis tentang perekonomian. Tapi jika Anda memang punya kapasitas yang mencukupi untuk menulis tentang bidang ini, Anda harus dapat meyakinkan penerbit bahwa Anda memang kompeten di bidang tersebut. Sebagai langkah permulaan, sebaiknya Anda menyerahkan naskah kepada penerbit sesuai bidang yang menjadi kompetensi sehari-hari.

3. Memilih penerbit

Pilihlah penerbit yang tepat sesuai dengan tema naskah yang Anda tulis. Sebagai contohMenawarkan naskah tentang Psikologi murni pada penerbit buku pertanian adalah kesia-siaan. Bahkan, sekali pun tema buku sudah sangat cocok, tapi jika gaya penulisan tidak pas, maka ada kemungkinan akan ditolak. Yang lebih rumit lagi adalah penerbit buku rohani. Sekalipun sama-sama bertema tentang kerohanian, jika sudut pandang tulisan Anda berbeda dengan “aliran” yang dilayani oleh penerbit buku rohani tersebut, maka jangan pernah berharap buku tersebut akan diterima.

Dan yang terpenting adalah menyangkut integritas penerbit. Jika naskah Anda jatuh ke tangan penerbit nakal, ada kemungkinan naskah Anda diterbitkan diam-diam, dengan perubahan seperlunya, tanpa persetujuan Anda. Ini artinya Anda tidak akan mendapatkan royalti, sebagai imbalan atas jerih payah Anda. Jika buku Anda diterbitkan oleh penerbit yang “acak-acakan”, maka Anda masih menerima pembayaran royalti, tapi penghitungan royalti didasarkan atas catatan penjualan yang acak pula.

4. Mengevaluasi diri

Jika naskah Anda ditolak oleh penerbit, ada beberapa kemungkinan penyebab.
a. Naskah Anda memang jelek.

b. Naskah Anda tidak sesuai dengan visi, misi, dan kompetensi penerbit.
c. Naskah Anda layak terbit, tapi kuota untuk menerbitkan buku sudah habis. Ini terutama berlaku pada penerbit dengan modal yang cekak. Jika naskah Anda masuk ke dalam kategori “c” maka Anda dapat menawarkan kerjasama penerbitan kepada penerbit tersebut.tetapi di sini Anda memerlukan biaya yang sangat besar. Misalkan, Anda ingin menerbitkan buku sendiri melalui kerjasama dengan sebuah penerbit.

5. Alternatif penerbitan

Metode yang terakhir ini hampir tidak memerlukan modal sama sekali. Yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan sambungan internet. Caranya, Anda mengubah naskah Anda dalam format e-book [electronic book]. Misalnya, dalam format PDF. Kemudian mengunggahnya di internet. Dengan begitu, orang lain dapat mengakses karya Anda. Dia bisa mengunduh atau membacanya secara on line.

Lalu darimana Anda memperoleh penghasilan? Ada dua cara untuk memerolehnya.
Pertama, dengan cara berbayar. Setiap orang yang mengakses karya Anda harus membayar lebih dulu. Kedua, dengan memasang iklan. Anda mendapatkan pemasukkan dari iklan yang dipasang pada situs Anda. Semakin banyak pengunjung ke situs Anda, maka makin banyak pengiklan yang bersedia memasang iklan. Anda juga dapat menggunakan fasilitas adsense milik Google. Ketiga, memasang iklan dalam buku Anda.

Bagaimanapun juga, menerbitkan buku secara konvensional masih lebih bergengsi daripada metode alternatif. Nah, jika Anda masih ingin menggunakan metode ini, maka masih ada satu jurus yang tersisa, yaitu menulis buku bersama atau model keroyokan. Dalam model ini, beberapa orang mengumpulkan karya tulisan dengan tema tertentu kemudian dikompilasi menjadi sebuah buku. Tentunya, Anda bisa sebagai pemrakarsa dan sekaligus koordinatornya.

Ayo, terus berkarya dan berkreasi demi kemajuan anak bangsa.

0 Responses to "Cara Mudah Menerbitkan BUKU | Sukses"

Post a Comment