Google Doodle Rayakan Hari Jadi Ilmuwan Ternama

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Google Doodle (Foto: Guardian)

LONDON – Google kembali merayakan hari lahir seorang ilmuwan ternama dengan Google Doodle. Kali ini ialah seorang matematikawan asal Swiss, Leonhard Euler. Ia dikenal sebagai salah satu matematikawan yang memiliki peran paling penting pada abad ke-18 dan menjadi salah satu yang terkenal sepanjang masa.

Dilansir Guardian, Senin (15/4/2013), Euler memperkenalkan terminologi matematika yang paling modern dan notasi angka. Selain itu, ia juga terkenal dari karya-karyanya dalam mekanika, dinamika fluida, optik, dan astronomi.

Lahir di Basel pada 15 April 1707, Euler pertama kali diajari matematika oleh seorang teman keluarga yang juga matematikawan terkemuka di Eropa saat itu, Johann Bernoulli. Saat itu Ayah Euler menginginkannya menjadi seorang pendeta, namun Bernoulli berhasil meyakinkannya bahwa anaknya memiliki potensi untuk menjadi seorang matematikawan besar.

Wikipedia menjelaskan bahwa Euler telah menciptakan penemuan penting dalam bidang yang beragam seperti kalkulus dan teori graf. Ia juga salah satu matematikawan yang paling produktif pada masanya, sehingga karya-karyanya dibukukan hingga mencapai 60-80 volume kuarto.

Matematikawan ini menghabiskan sebagian besar masa dewasanya di St. Petersburg, Rusia, Berlin, dan Prusia. Euler meninggal pada 1783 di Rusia dan dimakamkan di samping makam isterinya yang telah dulu meninggal.
(amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/15/55/791432/google-doodle-rayakan-hari-jadi-ilmuwan-ternama

0 Responses to "Google Doodle Rayakan Hari Jadi Ilmuwan Ternama"

Post a Comment