Baju Surya, Pakaian untuk Isi Ulang Baterai Gadget

Author: Shconer Design // Category:
Kolkata - Sekelompok ilmuwan di Kolkata, India menemukan konsep Baju Surya. Ini adalah pakaian yang menyimpan energi matahari, untuk digunakan mengisi ulang baterai gadget seperti ponsel atau tablet.

Uniknya, pada pakaian tersebut dibenamkan semacam panel surya dan kipas angin. Dengan demikian, penggunanya akan merasa sejuk meski hari sedang panas.

"Kami berupaya mengembangkan teknologi yang bisa membenamkan panel surya mini dibenamkan ke serat kain atau ditempatkan di kantong pakaian," kata Santipada GonChaudhury, ahli desain dan sistem fotovoltaik.

GonChoudhury menyebutkan, pakaian ini bisa memproduksi sekitar 400 watt energi dengan bantuan panel surya mini. Ukuran panel surya yang dibenamkan bervariasi, mulai dari 2,5 inch hingga 3 inch.

"Pakaian ini bisa menyimpan cukup energi untuk mengisi ulang baterai ponsel, tablet atau perangkat digital lain," kata Santipada seperti dikutip dari Times of India, Selasa (16/4/2013).

Menjelaskan konsepnya, para ilmuwan ini mendeskripsikan pakaian mereka akan memiliki dua lapisan. Salah satunya akan dibenamkan dua hingga empat kipas angin mini yang akan bekerja memanfaatkan energi matahari.

Konsep ini masih terus dikembangkan agar lebih sempurna. Para ilmuwan berharap, baju surya ini bisa segera diproduksi secara massal dan dijual ke publik.


(rns/ash)
Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/16/113121/2221413/511/baju-surya-pakaian-untuk-isi-ulang-baterai-gadget

0 Responses to "Baju Surya, Pakaian untuk Isi Ulang Baterai Gadget"

Post a Comment