Awas, Game Berbayar Bikin Anak Tertekan

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Ilustrasi (Foto: Amazonaws)

BRASILIA - Studi terbaru mengungkap bahwa anak-anak menghadapi "tekanan yang tak adil" untuk mengeluarkan uangnya hanya untuk bisa mencicipi web gratis serta aplikasi game berbayar.

Dilansir Phys, (12/4/2013), Office of Fair Trading (OFT) menanyakan orangtua untuk lebih dekat dengan banyak contoh dari kemungkinan praktek "agresif komersial". Praktek tersebut dianggap hanya mendorong anak untuk membeli mata uang virtual seperti koin atau meningkatkan tingkat membership (keanggotaan).

Game berbayar ini dikatakan sebagai pelanggaran hukum untuk membuat "desakan langsung" kepada anak-anak untuk melakukan pembelian. Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa anak-anak pada akhirnya membujuk orangtua untuk bisa membeli game yang diinginkannya.

"Kami prihatin bahwa anak-anak dan orang tua mereka bisa tunduk pada tekanan tidak adil untuk membeli, ketika mereka bermain game yang mereka pikir adalah gratis," kata Cavendish Elthorne, Direktur Senior OFT untuk barang dan konsumen. Ia mengatakan, harga game atau aplikasi tersebut bahkan mencapai biaya yang cukup besar.

"OFT tidak berusaha untuk melarang dalam pembelian game, tetapi industri game harus memastikan ini sesuai dengan peraturan yang relevan agar anak terlindungi. Kami berbicara dengan industri dan akan mengambil tindakan penegakan hukum jika perlu," tegasnya.

Beberapa waktu dikabarkan seorang anak melakukan pembelian konten aplikasi di iPad, di mana orangtuanya harus membayar sejumlah uang. Bocah lima tahun bernama Danny Kitchen, melakukan pembelian app-item di iTunes Application Download Store iPad hingga tagihan kredit orangtuanya mencapai USD2.579 atau sekira Rp24,7 juta. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/12/56/790627/awas-game-berbayar-bikin-anak-tertekan

0 Responses to "Awas, Game Berbayar Bikin Anak Tertekan"

Post a Comment